Minggu, 21 Juli 2013

Broken Home; Tidak Selalu Akibat Perceraian

Oleh: Cecelia Dwi W
Narasumber; Galuh Setia Winahyu, M.Psi.,Psi.
Supervisor & People Development di Graha Karir ECC UGM
Dosen STIPSI Yogyakarta

                Pandangan ‘anak broken home’ menurut banyak orang adalah anak yang menjadi korban cerai orangtuanya, yang tidak lagi tinggal dengan orangtua yang utuh. Namun pernyataan tersebut salah. Broken home tidak selalu terjadi akibat perceraian, namun fungsi keluarga yang tidak lagi berperan dengan baik.
                Ada orangtua yang mempertahankan keluarganya, tidak cerai hanya karena menjaga perasaan anaknya. Namun tetap bisa menjadi broken home apabila anggota keluarga tersebut sudah tidak menjalankan perannya dengan baik. Faktor utamanya adalah tidak adanya komunikasi yang bagus antara anggota keluarga.
                Perceraian orangtua tidak selalu berdampak pada anak yang menjadi nakal. Semua itu tergantung pada pola asuhnya sejak dini, serta lingkungan yang nyaman. Karena dua hal tersebut dapat menjadikan anak terbuka pada kedua orangtuanya. Jika tidak, anak tidak berani menyampaikan maksud dan amarahnya kepada orangtua ‘jangan cerai,’ sehingga ia mencari pelarian untuk mendapat perhatian.
                Untuk menghilangkan rasa luka bagi anak korban perceraian, usahakan dengan kegiatan positif supaya dapat mengalihkan perhatian dari sesuatu suram yang ada di rumah. Dalam dirinya pasti ada kekecewaan, tapi kedua orangtua yang masih komunikasi dengan baik akan dapat meminimalisir perasaan anak tersebut.
Jika kita memiliki teman yang sedemikian, support-lah agar tetap semangat, jadilah teman curhatnya agar ia tak memiliki banyak beban. Anak itu pasti susah mengungkapkan permasalahannya, namun jika sudah dipancing pasti akan mengalir dengan sendirinya dan akan membuatnya lega.
Jika ia terpuruk terlalu dalam harus ada penanganan intensif, guru BP di sekolah atau konsultasi ke psikologi.
Galuh Setia Winahyu, M.Psi.,Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sederhana, tidak sempurna, kesalahan pasti ada. Bagaimana menurutmu?