Minggu, 19 Februari 2023

How could I become an Overthingker

Hai, udah lama nggak buka blog, apalagi nulis di blog. Untung blogspot ini bukan makhluk hidup ya, coba kalo blogspot ini manusia, udah nggak ngerti segimana malunya aku tiap ke sini pasti selalu dengan perasaan dan kondisi hati yang kacau. Seperti yang aku tulis di halaman atas bahwa menulis adalah caraku untuk mengungkap yang tak terucap, karena nulis adalah pelampiasanku saat aku udah nggak tau lagi harus cerita kemana.
Aku mengawali tahun 2023 dengan sebuah masalah yang mungkin sebenernya udah lumrah dialami seorang cewek, tentang trust issue dan overthingking. Tapi di tulisan ini mungkin aku bakal bahas tentang overthinking dulu kali ya. Semasa kuliah, aku punya temen yang ngevalidasi dirinya adalah seorang overthinker, dan aku selalu nggak setuju dengan itu. Buat apa kita memikirkan hal-hal yang belum tentu benar terjadi, karna itu cuma bikin kita rugi sendiri. Kita mikirin orang lain yang padahal belum tentu orang itu punya masalah sama kita. 
Dan semasa kuliah juga, aku dikenal sebagai orang yang sangat selaw, nggak baperan, dan nggak pernah kepikiran yang berkaitan dengan hubungan, entah dari segi pertemanan atau pasangan. Dan bener, semasa kuliah aku emang udah cukup sibuk dengan kegiatanku sendiri; kuliah, organisasi kampus, organisasi global, dan masih kerja parttime. Aku nggak ada waktu untuk punya masalah personal yang bersinggungan dan seseorang. 
Lulus kuliah pun aku langsung kerja di Jakarta. We all know nggak semua orang bisa survive di kota besar sendirian, apalagi waktu itu usiaku masih 22. But I did it, I proud of myself. Sampe akhirnya pertengahan 2020 aku harus pulang ke Jogja, justru disitu aku kayak shock culture dengan segala kebebasan dan segala hal yang udah ada. Wkwk aneh ya, shock culturenya bukan waktu di Jakarta tapi justru waktu balik Jogja. Aku nikmatin waktuku untuk maksimalin main-main sampe nggak sadar ada hati yang berpotensi tersakiti.
Ternyata sakit banget rasanya ditinggal doi sama yang lain. Kayak tiba-tiba bikin kita ngrasa nggak berharga, selalu ngerasa bersalah karna nggak bisa menjadi pilihan yang dipertahankan. Sedihnya, kita nggak dapet jawaban kenapa orang itu lebih pilih meninggalkan, meskipun kalau kita tau alasannya itu pasti bikin makin sakit & makin ngerasa bersalah sama diri sendiri, ngerasa nggak berharga. Ibarat kata menggali kuburan sendiri.
Habis itu, Sempet sama orang pun kebetulan jago banget bikin overthingking. Selalu membuatku bertanya-tanya, tentang apa arti keberadaanku bagi dia sebenernya. Dia nggak pernah dengan gentle untuk mengungkapkan apa yang sebenernya dia inginkan dan dia rasakan. Sampai akhirnya aku mengambil kesimpulan bahwa mungkin sebenernya dia hanya megganggapku ada untuk sekedar mengisi hari-harinya. Jadi ya... ada aku alhamdulillah, kalo nggak ada yaudah :) gitu kan?
Dari situ aku baru bisa ngevalidasi perasaan overthinking. Dan emang bener ngerugiin diri sendiri, karena waktu dan energi kita terforsir untuk memikirkan hal yang gak jelas. Nggak percaya diri, nggak percaya sama orang, ragu-ragu dalam melangkah, selalu cemas dan khawatir tentang suatu hal yang mungkin akan kejadian, dan mungkin juga tidak. Belom lagi kalo ada bumbu-bumbu trust issue, asli bikin kita makin depresi. 
And that's all a story about how could I become an overthingker. Postingan ini gak bertujuan untuk memberikan self labelling of being an overthingker yah, hanya memberikan validasi bahwa hal itu wajar terjadi dan tidak cukup mudah untuk dihindari. Selebihnya bakal aku bahas di postinganku berikutnya :)

1 komentar:

  1. Bikin yang story telling dong kak, dan kalau bisa yang mengandung informasi yang bermanfaat..

    BalasHapus

Sederhana, tidak sempurna, kesalahan pasti ada. Bagaimana menurutmu?